Rabu, 14 Desember 2022

COONTOH STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN

 

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN  

Nama   Mahasiswa                  : Annisa Adelia

Nama Pasien / Ruang              : Ny. T ruang Psikiatri

Hari/tanggal                            : Minggu, 04 September 2022

Hari ke / Pertemuan ke            : Hari ke 1 / pertemuan pertama

SP                                            : Mengidentifikasi isolasi sosial yang dialami dan latihan                                                        berkenalan

 

1.      Proses Keperawatan

  1. Kondisi klien

Klien tidak ingin berinteraksi / berkenalan dengan orang lain

  1. Diagnosis

Isolasi Sosial

  1. Tujuan

Agar klien  mau berinteraksi dengan orang lain

  1. Tindakan Keperawatan

-          Bina hubungan saling percaya

-          Perawat menanyakan siapa orang terdekat dan orang yang tidak dekat dengan klien

-          Perawat dan klien mendiskusika penyebab menarik diri atau tidak mau bergaul dengan orang lain

-          Perawat memberi pujian terhadap kemampuan klien dalam mengungkapkan perasaannya

-          Perawat dan klien berdiskusi tentang manfaat behubungan sosial dan kerugian menarik diri

-          Perawat memberi pujian terhadap kemampuan klien dalam mengungkapkan perasaannya

-          Perawat mengobservasi perilaku klien saat berhubungan sosial

-          Perawat memberi motivasi dan bantu klien untuk berkenalan / berkomunikasi dengan perawat lain/ klien lain

-          Perawat berdiskusi dengan klien jadwal harian yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan besosialisasi

-          Perawat memberi motivasi klien untuk melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah di buat

-          Perawat memberi pujian terhadap kemampuan klien memperluas pergaulannya melalui aktivitas yang dilaksanakan

 

2.      Strategi Komunikasi Terapeutik

  1. Orientasi

-  Salam terapeutik

Assalamualaikum, selamat pagi bu. Bagaimana kabarnya hari ini bu?’’

-  Memperkenalkan diri

“Perkenalkan saya perawat annisa adelia, saya senang dipanggil perawat adel, saya yang akan merawat ibu pada hari ini bu.”

- Evaluasi / validasi

“baik bu, benar ya dengan ibu T, ibu senangnya dipanggil siapa bu?”

“bagaimana perasaan ibu sekarang?”

- Kontrak saat ini

Apakah bapak sudah mulai ingin membuka diri dan berinteraksi dengan saya untuk melakukan kegiatan baru?

1. Kontrak topik

“Baik ibu pada hari ini kita akan memulai latihan berkenalan dan mengungkapkan apa yang ibu rasakan”

2. Kontrak waktu

“untuk waktunya sekitar 20 menit ya bu, apakah ibu bersedia?”

3. Kontrak tempat

“ibu mau berbincang dimana, bagaimana kalau disini saja bu?”

 

B.     Fase Kerja

baiklah hari ini kita mulai dari ibu berkenalan, boleh ibu sebutkan nama dan ibu senang dipanggil siapa bu? Apa yang ibu rasakan bu? Masalah apa yang sedang ibu hadapi? Siapa orang yang paling dekat dengan ibu? Siapa orang yang tidak dekat dengan ibu? Apa yang membuat ibu tidak dekat dengan beliau bu? Apa yang meyebabkan ibu tidak mau berinteraksi dengan orang lain bu? “Wah baik sekali ibu sudah mau bercerita dengan saya bu”. Apakah ibu tau manfaat berinteraksi dengan orang lain? Apakah ibu tau kerguian menarik diri bu? “Bagus sekali bu, ibu sangat paham dan mengerti apa itu manfaat dan kerugian jika menarik diri”.” baik bu, sering lakukan interaksi dengan orang lain ya bu agar kita lebih percaya diri dan dapat menghilangkan pikiran yang tidak harus kita pikirkan”. baik ibu, ibu sudah sangat baik dalam memperkenalkan diri dan mengungkapkan apa yang ibu rasakan”.

 

C.    Fase Terminasi

a.      Evaluasi subjektif

Ibu hari ini kita sudah belajar cara berkenalan dan berinteraksi,bagaimana perasaan ibu setelah berinteraksi dengan saya?

b.      Evaluasi objektif

Sekarang coba ibu contohkan caranya berkenalan dan mengungkapkan perasaan dengan orang lain

c.       Kontrak pertemuan yang akan datang

1.      Topik

Ibu besok kita akan latihan berkenalan dengan beberapa orang

2.      Waktu

“Waktunya pagi ya bu, pukul 09.00. Apakah ibu bersedia?”

3.      Tempat

“Besok  kita latihan di sini saja ya bu.”

 

 

 

 


 

Nama   Mahasiswa                  : Annisa Adelia

Nama Pasien / Ruang              : Ny. T ruang Psikiatri

Hari/tanggal                            : Senin,05 September 2022

Hari ke / Pertemuan ke            : Hari ke 2 / pertemuan kedua

SP                                            : Berkenalan dengan beberapa orang

 

1. Proses Keperawatan

a)      Kondisi klien

Pasien mulai melakukan hubungan sosial atau berkenalan dengan orang lain

b)     Diagnosis

Isolasi Sosial

c)      Tujuan

Pasien dapat melaksanakan hubungan sosial secara bertahap dengan beberapa orang/kelompok saat melakukan kegiatan

d)     Tindakan Keperawatan

Observasi perilaku klien saat berhubungan sosial .

-Beri motivasi dan bantu klien untuk berkenalan / berkomunikasi dengan kelompok/beberapa orang

            -Latih cara berbicara saat melakukan kegiatan harian

  (latih 2 kegiatan)

2.Strategi Komunikasi Terapeutik

A.    Orientasi

-          Salam terapeutik

“ Assalamualaikum, selamat pagi bu,ibu masi ingat saya? Saya perawat adel yang kemarin menemui ibu’’ bagaimana kabar ibu hari ini?,sekarang ibu sudah mulai mau berkenalan dengan yang lain,bagus sekali ya bu’’

-          Kontrak saat ini

apakah ibu sekarang sudah mulai berkenalan dengan orang lain?’’

1.      Kontrak topic

“Sesuai dengan janji kita kemarin,kita hari ini mencoba berkenalan dengan beberapa orang dan melakukan beberapa kegiatan yang ibu mau’’

2.      Kontrak waktu

“untuk waktunya sekitar 20 menit ya bu, apakah ibu bersedia?”

3.      Kontrak tempat

“ibu mau berbincang dimana, bagaimana kalau dihalaman saja bu?”

 

B.     B.Fase Kerja

“baiklah ibu disini sudah ada lima orang,kita mulai untuk berkenalan dengan mereka ya sesuai dengan saya ajarkan kemarin,apakah ibu sudah siap? Ya bagus sekali ya ibu peningkatannya. Kegiatan apa yang ibu suka? Nanti kita coba untuk melakukannya ya ibu

 

C.    C.Fase Terminasi

a.      Evaluasi subjektif

Bagaimana perasaan ibu setelah berkenalan dengan yang lain,dan melakukan kegiatan yang ibu suka?

b.      Evaluasi objektif

“Sekarang coba ibu contohkan caranya berkenalan dan mengungkapkan perasaan dengan orang lain”

c.       Kontrak pertemuan yang akan dating

1.Topik

“Ibu besok kita akan latihan berkenalan dengan banyak orang dan melakukan kegiatan baru

2.Waktu

“Waktunya pagi ya bu, pukul 10.00. Apakah ibu bersedia?”

3.Tempat

“Besok  kita latihan dihalaman saja ya bu.”


 

Nama   Mahasiswa                  : Annisa Adelia

Nama Pasien / Ruang              : Ny. T ruang Psikiatri

Hari/tanggal                            : Selasa,06 September 2022

Hari ke / Pertemuan ke            : Hari ke 3 / pertemuan ketiga

SP                                            : Pasien dapat berkenalan dengan lebih banyak orang lain

 

Kondisi klien

Pasien mulai berinteraksi dengan yang lain

b.Diagnosis

Isolasi Sosial

 

c.Tujuan

Pasien dapat melaksanakan hubungan sosial secara bertahap dengan beberapa orang/kelompok saat melakukan kegiatan baru

 

d.Tindakan Keperawatan

  - Evaluasi kegiatan latihan berkenalan (berapa orang) & bicara saat melakukan dua kegiatan harian. Beri pujian

 -Latih cara berbicara saat melakukan kegiatan harian (2 kegiatan baru)

 -

 -Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan berkenalan > 5 orang, berbicara saat melakukan 4 kegiatan harian

2.Strategi Komunikasi Terapeutik

A.Orientasi

-  Salam terapeutik

“ Assalamualaikum, selamat pagi bu,bagaimana kabarnya bu? Apakah ibu merasa ada peningkatan?

- Kontrak saat ini

“Pasien dapat berkenalan dengan lebih banyak orang lain dan melakukan kegiatan baru’’

1. Kontrak topik

“Sesuai dengan janji kita kemarin,kita hari ini mencoba berkenalan dengan banyak orang dan melakukan kegiatan baru’’

2. Kontrak waktu

“untuk waktunya sekitar 25 menit ya bu, apakah ibu bersedia?”

3. Kontrak tempat

“ibu mau berbincang dimana, bagaimana kalau dihalaman saja bu?”

 

B.Fase Kerja

“baiklah ibu ,sillahkan ibu berkenalan dengan yang lain,saya akan mendampingi ibu,jika sudah kita akan melakukan kegiatan yang ibu suka yaitu menjahit kan ibu?’’

 

C.Fase Terminasi

a.Evaluasi subjektif

”Bagaimana perasaan ibu setelah berkenalan dengan banyak orang dan melakukan kegiatan baru?

 

b.Evaluasi objektif

“coba ibu praktekkan cara menjahit yang telah saya ajarkan tadi’’

 

c.Kontrak pertemuan yang akan datang

1.Topik

“Ibu besok kita akan latihan berkenalan dengan banyak orang dan melakukan kegiatan baru”

2.Waktu

“Waktunya pagi ya bu, pukul 10.00. Apakah ibu bersedia?”

3.Tempat

“Besok  kita latihan dihalaman saja ya bu.”

 


 

Nama   Mahasiswa                  : Annisa Adelia

Nama Pasien / Ruang              : Ny. T ruang Psikiatri

Hari/tanggal                            :Rabu,07 September 2022

Hari ke / Pertemuan ke            : Hari ke 4 / pertemuan keempat

SP                                            : Pasien dapat melaksanakan hubungan sosial

secara mandiri dan dapat melakukan kegiatan diluar ruangan

 

1.Proses Keperawatan

a)      Kondisi klien

Pasien mulai berinteraksi dengan orang lain secara mandiri dan dapat melakukan kegiatan diluar ruangan

b)     Diagnosis

Isolasi Sosial

c)      Tujuan

Pasien dapat melaksanakan hubungan sosial dan kegiatan baru secara mandiri

d)     Tindakan Keperawatan

-Evaluasi kegiatan latihan berkenalan, bicara saat melakukan empat kegiatan harian. Beri pujian

-Latih cara bicara sosial: belanja ke warung, meminta sesuatu, menjawab pertanyan

-Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan berkenalan >5 orang, orang baru, berbicara saat melakukan kegiatan harian dan sosialisasi

-Libatkan klien dalam Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi

-Evaluasi kegiatan latihan berkenalan, berbicara saat

melakukan kegiatan harian dan sosialisasi. Beri pujian

-Latih kegiatan harian

-Nilai kemampuan yang telah mandiri

-Nilai apakah isolasi sosial teratasi

2.Strategi Komunikasi Terapeutik

A.    Orientasi

Salam terapeutik

“ Assalamualaikum ibu,bagaimana kabarnya bu? Bagus ya ibu,sekarang sudah ada peningkatan setiap harinya,dan ibu sudah mau mulai bersosialisasi’’

- Kontrak saat ini

1.      Kontrak topik

“Pasien dapat melaksanakan hubungan sosial secara mandiri dan dapat melakukan kegiatan diluar ruangan’’

2.      Kontrak waktu

“untuk waktunya sekitar 25 menit ya bu, apakah ibu bersedia?”

3.      Kontrak tempat

“ibu mau berbincang dimana, bagaimana kalau dihalaman saja bu?”

B.     Fase Kerja

“baiklah ibu,ibu bisa bersosialisasi dengan yang lain dan berinteraksi dengan baik ’’

‘’wah ibu sudah ada peningkatan ya ibu’’. ‘’bagaimana kalau kita melakukan kegiatan diluar ruangannya dengan membersihkan halaman bersama yang lain?’’

C.    Fase Terminasi

a.      Evaluasi subjektif

”Bagaimana perasaan ibu setelah bersosialisasi dan berinteraksi dengan yang lain?

b.      Evaluasi objektif

“coba ibu jelaskan mengenai kegiatan ibu hari ini ’’

c.       Kontrak pertemuan yang akan datang

   -

 


 

STRATEGI PELAKSANAAN 1

Nama               : Kafi Savero

Hari/tanggal    : Senin, 12 Juni 2022

Ruang             : Mawar

Pertemuan       : 1 Sp.1

 

1.Proses Keperawatan

a.Kondisi klien

Hasil observasi klien banyak diam, tidak mau bicara, menyendiri, tidak mau berinteraksi, tampak sedih, ekspresi datar dan dangkal, kontak mata kurang. Keluarga mengatakan 1 tahun yang lalu klien bercerai dengan suami,  anaknya dibawa oleh suami. Keluarga juga mengatakan jika klien sering bengong/melamun.

b.Diagnosis

Isolasi Sosial

c.Tujuan

Klien mendapatkan dukungan keluarga untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi dan melatih klien berkenalan.

d.Intervensi

-Perawat mendiskusikan masalah yg dirasakan dalam merawat pasien, jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan proses terjadinya defisit perawatan diri .

-Perawat mendiskusikan dengan keluarga hal-hal yang perlu dilakukan keluarga dalam mengajarkan klien bersosialisasi.

-Perawat menganjurkan keluarga untuk membantu klien seuai jadwal dan beri pujian.

 

2.Strategi Pelaksanaan

A.Orientasi

a.Salam

“Selamat pagi, pak! Perkenalkan saya perawat Adel, saya yang merawat anak Bapak. Nama Bapak siapa? Senang di panggil apa?

Oh baik,kalau begitu saya memanggilnya bapak Kafi ya.”

 

b.Evaluasi/Validasi

“Bagaimana perasaan bapak hari ini?

Bagaimana keadaan anak bapak sekarang?”

c.Kontrak

1.Topik

Bagaimana kalau kita berbincang-bincang tentang masalah anak Bapak dan cara perawatan nya?

“Waktu

Berapaa lama bapak punya waktu?

Bagaimana kalau 30 menit?”

“Tempat

“Kita berbincang di ruang  sini saja?”

B.Fase Kerja

“Apa masalah yang bapak hadapi dalam merawat ibu T?Apa yang sudah di lakukan? Masalah yang di alami oleh ibu T di sebut isolasi sosial.Ini adalah salah satu gejala penyakit yang juga di alami oleh pasien-pasien gangguan jiwa lain. Tanda-tandanya antara lain tidak mau bergaul dengan orang lain,mengurung diri, kalaupun berbicara hanya sebentar dengan wajah menunduk. Biasanya masalah ini muncul karena memiliki pengalaman yang mengecewakan saat berhubungan dengan orang lain,seperti sering di tolak,tidak di hargai,atau berpisah dengan orang-orang terdekat.”

Untuk menghadapi keadaan yang demikian Bapak dan anggota keluarga lainnya harus bersabar menghadapi ibu T.Dan untuk merawat ibu T,keluarga perlu melakukan beberapa hal.Pertama keluarga harus membina hubungan saling percaya dengan ibu T yang caranya adalah bersikap peduli dengan ibu T dan jangan ingkar janji. Kedua keluarga perlu memberikan semangat dan dorongan kepada ibu T untuk dapat melakukan kegiatan bersama-sama dengan orang lain.Berilah pujian yang wajar dan jangan mencela kondisi pasien. Selanjutnya jangan biarkan ibu T sendiri.Buat rencana atau jadwal bercakap-cakap dengan ibu T misalnya sholat bersama,makan bersama,rekreasi bersama,melakukan kegiatan rumah tangga bersama. Nah bagaimana kalau sekarang kita latihan untuk melakukan semua cara itu? Begini contoh komunikasinya.Bapak lihat sekarang kamu sudah dapat bercakap-cakap dengan orang lain.Perbincangan juga lumayan lama.Bapak senang sekali melihat perkembangan kamu, Nah,Bapak telah memperagakan dengan baik sekali.Sampai sini ada yang ingin di tanyakan pak?”

 

C.Fase Terminasi

a.Evaluasi subjektif

“Baiklah dikarenakan waktunya sudah habis. Bagaimana perasaan bapak setelah kita latihan tadi?”

b.Evaluasi objektif

“Coba bapak ulangi lagi apa yang di maksud dengan isolasi sosial dan tanda-tanda orang yang mengalami isolasi sosial?”

“Selanjutnya dapat bapak sebutkan kembali cara-cara merawat anak bapak yang mengalami masalah isolasi sosial?”

c.Tindak lanjut

“Baik bapak Nanti kalau ketemu ibu T coba bapak lakukan dan tolong ceritakan kepada semua keluarga agar mereka juga melakukan hal yang sama”Bapak mengerti?

d.Kontrak pertemuan yang akan datang

1.Topik

“Baik bapak hari ini kita sudah latihan masalah yg dirasakan dalam merawat pasien, jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan proses terjadinya Bagaimana kalau kita bertemu dua hari lagi untuk latihan langsung kepada ibu T?”

“Waktu

“Waktunya pagi ya pak, pukul 10.00. Apakah bapak bisa?”

2.Tempat

“Besok  kita latihan di ruangan ini saja ya bapak.”

 

 

STRATEGI PELAKSANAAN 2

 

Nama               : Kafi Savero

Hari/tanggal    : Rabu,14 juni 2022

Ruangan          : Mawar

Pertemuan       : 2 Sp.2

 

1.Proses Keperawatan

a.Kondisi Klien

Klien sudah tidak banyak diam dan mau berbicara, namun masih suka menyendiri dan tampak sedih karna bercerai dengan suaminya

 

b.Diagnosa

Isolasi Sosial  

c.Tujuan

Keluarga dapat mendampingi klien berdiskusi saat melakukan 2 kegiatan

d.Intervensi

 

-Perawat mengevaluasi kegiatan keluarga dalam merawat atau melatihpasien berkenalan dan berbicara saat melakukan kegiatan harian.

-Perawat menjelaskan kegiatan rumah tangga yang dapat melibatkan pasien berbicara

-Perawat melatih cara membimbing pasien dan memberi pujian

-Perawat menganjurkan membantu pasien sesuai jadwal

 

1.Strategi Pelaksanaan

A.Orientasi

a.Salam

“Selamat pagi pak”

b.Evaluasi/Validasi+Kontrak

bagaimana perasaan bapak hari ini?   

Kontrak

1.Topik

Bapak,apakah masih ingat latihan merawat anak bapak kemarin? Mari peraktikan langsung ke ibu T ya pak.

 

2.Waktu

“Baik kita akan coba 15 menit sekarang mari kita temui ibu T ya pak”

 

3.Tempat

“Untuk ruangan nya kita peraktikan di sini saja ya pak?”

 

B.Fase Kerja

Selamat pagi ibu T bagaimana perasaannya hari ini? Bapak , ibu T ingin bercakap-cakap. Bagus.Tolong ibu tunjukkan jadwal kegiatannya!” “Nah bapak, sekarang  bapak dapat mempraktikan apa yang sudah kita lakukan kemarin” “Bagaimana perasaan ibu setelah berbincang-bincang dengan orang tua ibu? “Wah bagus sekali...

 

C.Fase Terminasi

a.Evaluasi subjektif

“Bagaimana perasaan bapak setelah kita latihan tadi?”

b.Evaluasi objektif

“Mulai sekarang bapak sudah dapat melakukan bagaimana cara merawat ibu T?.”

c.Tindak lanjut

“Baik bapak nanti bapak bisa melakukan cara merawat ibu T dengan baik dan bapak coba ceritakan kepada semua keluarga agar mereka melakukan hal yang sama. Apakah bapak mengerti?”

d.Kontrak pertemuan yang akan datang

1.Topik

“ Baik Bapak nanti kita akan bertemu untuk mendiskusikan pengalaman bapak melakukan apa yang sudah kita pelajari.”

2.Waktu

“Waktunya pagi ya bapak , pukul 09.00. apakah bapak bisa?”

3.Tempat

“Besok  kita latihan di ruangan ini saja ya bapak.”

 

 

STRATEGI PELAKSANAAN 3

 

Nama               : Kafi Savero

Hari/tanggal    :  Kamis,15 Juni 2022

Ruangan          : Mawar

Pertemuan       : 3 Sp.3

 

1.Proses Keperawatan

a.Kondisi Klien

Klien sudah tidak banyak diam dan mau berbicara, namun masih suka menyendiri dan tampak sedih karna bercerai dengan suaminya

 

b.Diagnosa

Isolasi Sosial  

c.Tujuan

Klien mendapatkan dukungan keluarga untuk meningkatkan sosialisasi : keluarga melatih klien melakukan kegiatan sosial

d.Intervensi

 

-Perawat mengevaluasi kegiatan keluarga dalam merawat atau melatih pasien berkenalan dan berbicara saat melakukan kegiatan harian dan RT. Beri pujian

-Perawat menjelaskan melatih pasien melakukan kegiatan sosial  .

-Perawat melatih keluarga mengajak pasien melakukan kegiatan sosial .

-Perawat menganjurkan membantu pasien sesuai jadwal dan berikan pujian.

 

1.Strategi Pelaksanaan

A.Orientasi

a.Salam

“Selamat pagi pak”

 

b.Evaluasi/Validasi+Kontrak

bagaimana perasaan bapak hari ini?   

c.Kontrak

1.Topik

Bapak masih ingat latihan merawat anak bapak kemarin? Mari peraktikan langsung ke ibu T  ya pak.

 

2.Waktu

“Baik kita akan coba 30 menit sekarang mari kita temui ibu T ya pak”

 

3.Tempat

“Untuk ruangan nya kita peraktikan di sini saja ya pak?”

 

B.Fase Kerja

Selamat pagi ibu,bagaimana perasaan ibu hari ini? Bapa,ibu T ingin bercakap-cakap. Bagus.Tolong ibu tunjukkan jadwal kegiatannya!” “Nah bapak, sekarang  bapak dapat mempraktikan apa yang sudah kita lakukan kemarin” “Bagaimana perasaan ibu T setelah berbincang-bincang dengan orang tuanya’’

 

C.Fase Terminasi

a.Evaluasi subjektif

“Bagaimana perasaan bapak setelah kita latihan tadi?”

b.Evaluasi objektif

“Mulai sekarang bapak sudah dapat melakukan bagaimana cara merawat ibu T?.”

c.Tindak lanjut

“Baik bapak nanti bapak bisa melakukan cara merawat ibu T dengan baik dan bapak coba ceritakan kepada semua keluarga agar mereka melakukan hal yang sama. Apakah bapak mengerti?”

d.Kontrak pertemuan yang akan datang

1.Topik

“ Baik Bapak nanti kita akan bertemu untuk mendiskusikan pengalaman bapak melakukan apa yang sudah kita pelajari.”

2.Waktu

“Waktunya pagi ya bapak , pukul 09.300. apakah bapak bisa?”

3.Tempat

“Besok  kita latihan di ruangan ini saja ya bapak.”

STRATEGI PELAKSANAAN 4

Nama               : Nyonya T

Hari/tanggal    : Kamis 15 Juni 2022

Ruangan          : Mawar

Pertemuan       : 4 Sp.4

 

1.Proses Keperawatan

a.Kondisi klien

Klien dapat berkenalan dan bersosialisasi saat melakukan kegiatan di luar ruangan/luar rumah dengan sedikit murung.

b.Diagnosis

Isolasi Sosial

c.Tujuan

klien dapat melaksanakan hubungan sosial saat melakukan kegiatan di luar ruangan / luar rumah  / dalam TAKS.

d.Intervensi

-Perawat mengevaluasi kegiatan latihan berkenalan, bicara saat melakukan empat kegiatan harian. Beri pujian

-Perawat melatih cara bicara sosial: belanja ke warung, meminta sesuatu, menjawab pertanyan

-Perawat memasukkan pada jadual kegiatan untuk latihan berkenalan >5 orang, orang baru, berbicara saat melakukan kegiatan harian dan sosialisasi

-Perawat melibatkan klien dalam Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi

 

1.Strategi Pelaksanaan

A.Orientasi

a.Salam

“ Selamat pagi ibu, wah sepertinya ibu sekarang sudah dapat melakukan kegiatan di luar ruangan/luar rumah ya, berarti ada kemajuan dari kemarin ya ibu “

b.Evaluasi/Validasi+Kontrak

“Bagaimana dengan perasaan libu 1 hari ini setelah berbelanja ke warung?

Apakah masih ada perasaan untuk ibu tidak mau berbicara dengan beberapa orang lain,bagaimana semangat nya untuk berbincang-bincang dengan orang lain?.”

“Apakah ibu sudah mulai berkenalan dengan orang lain lebih dari 5 orang?”

“apakah ibu senang brerbicara dan berintraksi saat melaksanakan kegiatan harian dan sosialisasinya ?”

“Bagaimana perasaan ibu setelah mau berkenalan dan berintraksi disaat melakukan kegiatan baru ?”

 

c.Kontrak

1.Topik

“Baik sesuai dengan janji kita yang kemarin hari ini kita akan mulai latihan bagaimana cara berbicara dan berbincang-bincang dengan orang lain saat berbelanja ke warung,meminta sesuatu dan menjawab pertanyaan?”

2.Waktu

“Baiklah ibu berapa lama mau berbincang-bincang?”

“Bagaimana kalau15 menit ya bu?

3.Tempat

“Ibu mau berbincang-bincang di mana,bagaimana kalau berbincang sekaligus berbelanja ke warung?”

B.Fase Kerja

“hari ini ibu T mau pergi ke warung untuk berbelanja,. Ibu bisa memulai berbicara dan bertanya harganya langsung, apakah Ibu masih ingat bagaimana caranya bersosialisasi di luar rumah? nah silahkan Ibu mulai. Selanjutnya Ibu bisa coba untuk bertanya  mengenai harga barang yang ingin Ibu T beli “ini harganya  Rp.20.000,00 ”Ibu  mau berbelanja apa lagi setelah ini?”  “oh mau yang ini ya?”

“Nah apakah sekarang Ibu  sudah tau cara beintraksi di luar ruangan ?”

 

C.Fase Terminasi

a.Evaluasi subjektif

“Ibu, hari ini kita sudah latihan cara berbicara mengenai kegiatan harian  di luar ruanagan/di luar rumah /TAKS?”

b.Evaluasi objektif

“Sekarang coba Ibu jelaskan kembali caranya berintraksi si lurar ruangan  ? untuk Selanjutnya  jangan lupa untuk selalu berintraksi  ya Ihu terutama di luar ruangan/di luar rumah ya amel”

c.Tindak lanjut

“Baik Ibu, mari kita masukkan kedalam jadwal kegiatan ya.”

d.Kontrak pertemuan yang akan datang

1.Topik

“Ibu hari ini kita sudah latihan cara berintraksi di luar ruangaan/di luar rumah,  saat besok kita akan latihan cara bagaimana bersosialisasi secara mandiri ya bu”

2.Waktu

“Waktunya pagi ya ibu pukul 10.00. Apakah ibu bersedia?”

3.Tempat

“Besok  kita latihan di halaman depan saja ya ibu”

Tidak ada komentar: