KEMENTERIAN
KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK
KESEHATAN TANJUNG KARANG JURUSAN KEPERAWATAN
TA 2022/2023
|
DAFTAR ISI |
|
|
Halaman |
|
BAB I |
: Strategi Bimbingan Laboratorium |
1 |
BABA
II |
: Materi Bimbingan |
4 |
BAB
III |
: Bimbingan Praktek Laboratorium |
5 |
BAB IV |
: Penilaian Praktikum |
6 |
LAMPIRAN 1. Format Pengkajian dan dokumentasi asuhan
keperawatan jiwa
2. Rencana Keperawatan Jiwa
3. Form LP
4. Form SP
KASUS
Seorang pasien wanita 34
tahun di ruang rawat psikiatri dengan riwayat sering mengurung diri dikamar.
Hasil observasi klien banyak diam, tidak mau bicara, menyendiri, tidak mau
berinteraksi, tampak sedih, ekspresi datar dan dangkal, kontak mata kurang,
tidak nafsu makan sehingga mengalami penurunan berat badan. Keluarga mengatakan
1 tahun yang lalu klien bercerai dengan suami, orang anaknya dibawa oleh suami.
Keluarga juga mengatakan jika klien sering bengong/melamun. Pada saat diperiksa
oleh perawat di dapatkan berat badan klien 40 kg dengan tinggi badan 160 cm, TD
: 130/90 mmHg, Nadi 81 x/menit, suhu 36,6 ◦C, dan RR 18 x/menit.
FORMAT PENGKAJIAN KEPERAWATAN JIWA
PENGKAJIAN |
Nama |
: Ny. T |
||
KEPERAWATAN |
TL/ Umur |
: 12 Sepetember 1988, 34
Tahun |
||
AWAL |
Penanggung |
: Tn. K sebagai ayah dari
Ny. T |
||
PASIEN
RAWAT INAP |
Jawab (tuliskan |
|
||
PSIKIATRI |
hub dengan |
|
||
|
pasien) |
|
||
( Dilengkapi dengan
24 |
Pendidikan |
: SMA |
||
jam pertama pasien masuk |
Pekerjaan |
: Ibu rumah tangga |
||
ruang rawat) |
Agama |
: Islam |
||
Tanggal Masuk: 04 September 2022 Tanggal pengkajian: 04 September 2022 |
Jam: 14.25 WIB |
Ruang Rawat : Psikiatri
|
||
I.
ALASAN KE RUMAH SAKIT
Keluhan Utama :
Saat di
rumah klien sering mengurung diri di kamar sehingga tidak mau berinteraksi
dengan orang lain. Keluarga mengatakan 1 tahun yang lalu klien bercerai dengan
suami.
II.
RIWAYAT KESEHATAN
1.
Pernah dirawat ? √ Tidak □ Ya,
jika ya jelaskan tempat dan waktu perawatan Jelaskan :……………………………………………………………………………………………………………………….
2. Penyakit yang pernah dialami : -
3. Riwayat operasi
: -
4.
Riwayat alergi : √
Tidak □ Ya, Sebutkan……………………………………………………………………
Reaksi Alergi………………………………………………………………………………………………………………….
5. Riwayat
penggunaan/ketergantungan terhadap zat ( waktu,jenis,frekuensi,jumlah dan lama penggunaan )
□ Obat-obatan □ Rokok □ NAPZA □
Lainnya, Sebutkan ………………………………….
Jelaskan ………………………………………………………………………………………………………………………….
III.
RIWAYAT PENYAKIT MASA LALU
1. Pernah mengalami gangguan jiwa dimasa lalu? √ Tidak □
Ya
2.
Pengobatan sebelumnya □ Berhasil □ Kurang berhasil □Tidak berhasil
3.
Riwayat pelaku/usia korban/usia saksi/usia Aniyaya fisik -
- - - - -
Aniaya seksual - - - - -
-
Penolakan -
- - - - -
Kekerasan dlm
keluarga - - -
- - -
Tindakan kriminal - - -
- - -
Jelaskan :……………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………….. Masalah
keperawatan :………………………………………………………………………………………………
4.
Pengalaman masa
lalu yang tidak menyenangkan
Jelaskan : 1
tahun yang lalu klien bercerai dengan suami, anaknya dibawa oleh suami
masalah keperawatan : Isolasi
sosial
IV.
RIWAYAT PENYAKIT KELUARGA
Apakah ada anggota keluarga yang mengalami
gangguan jiwa : □ Ya √ Tidak ( jika
Ya hubungan keluarga,gejala,riwayat pengobatan )
Genogram |
Laki-Laki ↖. Klien/pasien ----- tinggal dalam satu rumah bercerai |
||
Keterangan Genogram ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………….……………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………… |
|
|
|
|
V.
PERSEPSI KESEHATAN
Keluarga : Tn. K mengatakan selama
bercerai dengan suaminya anaknya sering mengurung diri di kamar
Masalah Keperawatan
: Isolasi sosial
VI. PEMERIKSAAN FISIK
1.
Keluhan fisik :
√ tidak □ ya
, jika ya sebutkan : …………………………………………………………………………..
TD : 130/80 mmhg nadi : 81 x/m RR
: 18 x/m
Suhu: 36,6 ◦c
2.
Penilaian Nyeri
Keluhan nyeri : √ tidak □Ya, Jika
ya Skor nyeri................. /10
□ nyeri kronis: Lokasi :……………kualitas :…………….frekuenis :……….durasi :…………………
□ nyeri akut : Lokasi :……………kualitas :…………….frekuenis :……….durasi :…………………
Nyeri hilang : □ minum obat □istirahat □mendengar music □berubah
Skala Nyeri
□ sedikit sakit □ Agak
□ Menggangu
□ Sangat
Sumber: wong baker pain rating scale
□ Tak
Mengganggu
aktifitas
Menggangu
tertahankan
Masalah keperawatan : …………………………………………………………………
3. Skrining Status Nutrisi (berdasalkan malnutrition screening
tool/MST)
Berat badan : 40 kg tinggi badan : 160 cm
Sudah dilaporkan ke tim terapi
gizi : □ Tidak √ Ya, Tanggal&jam : 04/09/2022,
pkl 14.50 WIB
(lingkari score
sesuai dengan parameter penilaian. Total score adalah jumlah score yang dilingkari)
No |
Parameter |
Score |
1. |
Apakah
pasien mengalami penurunan berat badan yang tidak diinginkan dalam 6 bulan
terakhir? |
|
|
a. Tidak penurunan berat badan |
|
|
b. Tidak yakin/tidak tahu/terasa baju lebih
longgar |
|
|
c. Jika Ya berapa penurunan berat badan tersebut |
|
|
1-5 kg |
√ |
|
6-10 kg |
|
|
11-15 kg |
|
|
>15 kg |
|
|
Tidak yakin penurunannya |
|
2. |
Apakah asupan makanan berkurang karena berkurangnya nafsu makan? |
|
|
a. Tidak |
|
|
b. Ya |
√ |
Total score |
||
3.Pasien dengan
diagnosa khusus : √ tidak □ Ya (□DM □Ginjal □Hati □Jantung □Paru □Stroke □Kangker □Penurunan Imunitas □Geriatri □ Lain-lain: ………. |
Bila score ≥ 2/ pasien dg diagnosis/kondisi khusus
lakukan pengkajian lanjut oleh ahli gizi Masalah keperawatan : Defisit nutrisi
4. Penilaian Fungsional (berdasarkan status
fungsional barthel ADL Indeks)
√ Mandiri □Perlu Bantuan, sebutkan............................................. □Ketergantungan total
(bila ketergantungan total kolaborasi ke DPJP untuk konsul ke rehabilitasi medik)
NO |
FUNGSI |
PENILAIAN |
SCORE |
1. |
Mengendalikan
rangsang pembuatan tinja |
Tak terkendali/tak teratur
(perlu pencahar) |
|
Kadang-kadang tidak terkendali (1xseminggu) |
|
||
Terkendali teratur |
√ |
||
2. |
Mengendalikan
rangsangan berkemih |
Tak terkendali/pakai masker |
|
Kadang-kadang tak terkendali (hanya 1x/24 jam) |
|
||
Mandiri |
√ |
||
3. |
|
Butuh pertolongan orang
lain |
√ |
|
Membersihkan diri (seka muka,sisir rambut,sikat gigi) |
Mandiri |
|
4. |
Penggunaan
jamban,masuk dan keluar(melepaskan,memakai celana,membersihkan,menyiram. |
Tergantung pertolongan orang
lain |
|
Perlu pertolongan beberapa kegiatan tetapi Sebagian masih dapat
dikerjakan |
|
||
Mandiri |
√ |
||
5. |
Makan |
Tidak mampu |
|
Perlu ditolong memotong makanan |
√ |
||
Mandiri |
|
||
6. |
Berubah
sikap dari berbaring ke duduk |
tidak mampu |
|
perlu bantuan untuk
duduk (2 orang) |
|
||
Bantuan minimal 1 orang |
|
||
Mandiri |
√ |
||
7. |
Berpindah atau berjalan |
Tidak mampu |
|
Bisa (pindah) dengan
kursi roda |
|
||
Berjalan dengan bantuan orang lain |
|
||
Mandiri |
√ |
||
8. |
Memakai baju |
Tergantung orang lain |
|
Sebagian dibantu (mis:
Mengancing) |
√ |
||
Mandiri |
|
||
9. |
Naik turun tangga |
Tidak mampu |
|
Butuh pertolongan |
|
||
Mandiri |
√ |
||
10. |
Mandi |
Tergantung orang lain |
√ |
Mandiri |
|
||
Total score |
10 |
Katagori : □20 Mandiri □5-8 : ketergantungan berat □12-19 : ketergantungan ringan
□0-4 = ketergantungan total □9-11 = ketergantungan sedang
Masalah keperawatan
: Defisit perawatan diri
VII. RESIKO JATUH/CEDERA (Berdasarkan Edmonson Scale)
√Tidak □Ya, jika Ya pasang stiker
warna kuning dilengan yang dominan
(lingkari score sesuai
dengan parameter penilaian. Total
score= å
score yang dilingkari
)
Parameter |
Score |
|
Usia |
≥ 50 tahun |
|
50-79 tahun |
|
|
≥ 80 tahun |
|
|
Status mental |
Sadar penuh dan orientasi waktu
baik |
|
Agitasi/cemas |
|
|
Sering bingung Bingung dan disorientasi |
√ |
|
Eliminasi |
Mandiri untuk BAB dan BAK |
√ |
Memakai kateter/astomy |
|
|
BAB dan BAK dengan bantuan |
|
|
Gangguan eliminasi (inkonensia,banyak BAK dimalam hari,sering BAB dan BAK) |
|
|
Inkonensia tetapi bisa ambulasi mandiri |
|
|
Medikasi |
Tidak ada pengobatan yang diberikan |
√ |
Obat-obatan jantung |
|
|
Obat psikiatri termasuk benzodiazepine dan anti depresan |
|
|
Atau |
||
Meningkatnya dosis obat yang dikonsumsi /ditambahkan dalam 24 jam terakhir |
|
|
Diagnosis |
Bipolar /gangguan scizoaffective |
|
Penyalahgunaan zat terlarang dan alcohol |
|
|
Gangguan depresi mayor |
√ |
|
Dimensia /delitrium |
|
|
Ambulasi/ Keseimbangan |
Ambulasi stabil dan langkah stabil
atau pasien imboil |
√ |
Penggunaan alat bantu
yang tepat(tongkat,woker,tripod,dll) |
|
|
Vertigo/hipotensi ortostatik/kelemahan |
|
|
Langkah tidak stabil,butuh bantuan dan menyadari Tidakkemampuannya |
|
|
Langkah setabil,butuh bantuan
dan tidak menyadari Ketidakmampuannya |
|
Nutrisi |
Hanya sedikit mendapatkan asupan makanan/minum dalam 24
jam terakhir |
√ |
Nafsu makan baik |
|
|
Gangguan tidur |
Tidak ada gangguan tidur |
√ |
Ada gangguan tidur
yang dilaporkan keluarga pasien/staf |
|
|
Riwayat Jatuh |
Tidak ada riwayat jatuh |
√ |
Ada riwayat jatuh
dalam 3 bulan
terakhir |
|
|
TOTAL SKOR |
|
|
KATEGORI RESIKO |
|
Kategori : < 90
= Resiko rendah (RR) > 90 =
Resiko tinggi (RT) Masalah Keperawatan :
VIII.
PSIKOSOSIAL
1. Konsep Diri
a.
Citra tubuh
: klien hanya diam
Masalah Keperawatan :
b.
Identitas diri : klien mengatakan
namanya Ny. T, umur 34 tahun, bekerja sebagai ibu rumah tangga, di dalam klien
tidak mau berinteraksi dengan orang lain karena kecewa dengan keadaan.
Masalah Keperawatan :
c.
Peran : selama dirumah klien berperan sebagai istri, ketika di rumah sakit jiwa
berperan sebagai salah satu pasien di ruang psikiatri
Masalah Keperawatan :
d.
Ideal diri :
Klien hanya diam
Masalah Keperawatan
:
e.
Harga diri : klien mengeluh tidak
dapat menerima kenyataan, merasa terasingkan dan merasa hidupnya tidak bermakna
Masalah Keperawatan : distress spiritual
2.
Spiritual
a.
Nilai dan keyakinan : klien mengatakan beragama islam, klien berada
di lingkungan keluarga yang rajin sholat sehingga melakukan sholat 5 waktu.
Saat di rumah sakit jiwa klien tidak melakukan sholat.
b.
Kegiatan Ibadah : saat di rumah sakit
klien jarang ibadah
Masalah Keperawatan: distress spiritual
3.
Hubungan Sosial
a. Orang yang berarti
: saat dirumah klien mengatakan dekat dengan suaminya, sedangkan saat
ini suaminya sudah meninggalkannya. Saat di Rumah Sakit klien mengatakan tidak punya teman dekat karena
malas berinteraksi dengan orang lain.
b.
Peran serta dalam kegiatan kelompok/masyarakat/sekolah:
Saat di rumah klien mengatakan tidak
pernah mengikuti kegiatan masyarakat / kelompok. Saat di Rumah Sakit klien
hanya diam tidak melakukan kegiatan apapun
c.
Hambatan dalam hubungan
dengan orang lain:
Saat dirumah klien mengatakan malu berinteraksi
dengan orang lain. Saat di rumah sakit klien malas berinteraksi dengan orang
lain.
IX. STATUS MENTAL
1. Penampilan |
|
|
□
Bersih |
√ Tidak rapi |
√ Cara berpakaian tidak seperti biasanya |
□ Rapi Jelaskan: |
□ Kotor |
□ Penggunaan
pakaian tidak sesuai |
Klien menggunakan pakaian yang tidak rapid
dan menggunakan pakaian semaunya tidak seperti biasanya yaitu mencocokkan warna
yang dipakainya.
Masalah Keperawatan Defisit Perawatan Diri
2. Pembicaraan |
|
|||
□ Sesuai |
□ Cepat |
□ Keras |
□ Apatis |
□ Inkoheren |
□ Mendominasi |
□ Mengancam |
□ Lambat |
□ Gagap |
□ Membisu |
√ Tidak mampu memulai
pembicaraan
Jelaskan :
Klien bingung jika bertemu orang lain
harus membicarakan apa
Masalah Keperawatan : gangguan komunikasi verbal
3.
Aktifitas motorik/perilaku
□ Normal □ Agitasi □ Konflusif √ Lesu/tidak bersemangat □ Grimasem
□ Tegang □ Gelisah □ Tremor √ Melamun/banyak diam □ Sulit diarahkan
□ TIK
Jelaskan :
Klien tidak mau melakukan kegiatan apapun
dan hanya berdiam diri
Masalah Keperawatan :
4.
Alam perasaan
□ Sesuai |
√ Putus asa |
√ Sedih |
□ Merasa tidak mampu |
□ Marah |
□ Ketakutan |
□ Labil |
□ Gembira
berlebihan |
□ Tertekan Jelaskan : |
□ Khawatir |
□ Malu |
√ Tidak berharga/berguna |
Klien tampak sedih dan merasa tidak berguna
dan putus asa karena berpisah dengan suami
Masalah Keperawatan :
5.
Interaki selama wawancara
□ Kooperatif □ Bermusuhan □ Curiga √ Tidak kooperatif
√ Kontak mata kurang □
Mudah tersinggung □
Defensif Jelaskan
Klien saat wawancara tidak mau menatap mata perawat dan lebih banyak diam saat
ditanya Masalah Keperawatan:
Isolasi sosial
6.
Afek
□ Sesuai √ Datar □ Tumpul □ Labil □ Tidak sesuai
Jelaskan: klien hanya diam tidak mengekspresikan apapun
Masalah Keperawatan :
7.
Persepsi
□ Halusinasi □ Pendengaran □ Penghidu □ Penglihatan □ Pengecapan
□ Perabaan
Jelaskan: klien
tidak mengalami gangguan
persepsi
Masalah Keperawatan :
8. Proses
pikir |
|
||
□ Sesuai □ Tangensial |
□ Sirkumsial √ Bloking |
□ Flight of ideas □ Kehilangan asosiasi |
□ Pengulangan pembicaraan |
Jelaskan: saat
sedang berbicara klien suka berhenti tiba-tiba tanpa ada alasan lalu berbicara kembali
Masalah Keperawatan :
9.
Isi Pikir
□ Sesuai □ Obsesi □ Fobia □ Hipokondria
□ Pikiran magis □ Ide yang
terkait □ Depersonalisasi □ Agama
√ Waham □ Kebesaran □ Curiga □ Nihilistik
Jelaskan:
Masalah keperawatan:
10.
Tingkat kesadaran
√ Compos mentis □ Apatis □ Stupor □ Bingung □
Sedasi Disorientasi : □ Tidak □ Ya □ Waktu □ Tempat □ Orang
Jelaskan : klien dalam keadaan sadar penuh
Masalah Keperawatan :
11.
Memori
√ Gangguan daya ingat jangka
pendek □ Gangguan daya ingat jangka pendek
□ Gangguan daya ingat saat ini □ Konfabulasi
Jelaskan : klien mengingat nama dan keluarganya serta klien
mengingat ketika dia dibawa ke rumah sakit
Masalah Keperawatan :
12.
Tingkat konsentrasi dan berhitung
□ Konsentrasi baik √ Tidak mampu berkonsentrasi
□ Mudah beralih □ Tidak mampu berhitung sederhana
Jelaskan : konsentrasi klien mudah beralih
Masalah Keperawatan :
13.
Kemampuan penilaian
√ Gangguan ringan □ Gangguan bermakna
Jelaskan : ketika klien ditolak oleh lingkungan klien langsung terdiam diri
dikamar
Masalah Keperawatan :
14.
Daya tilik diri (insight)
□ Mengingkari penyakit
yang diderita √ Menyalahkan hal-hal di luar dirinya
Jelaskan : klien suka menyalahkan keadaan
Masalah Keperawatan :
X.
SUMBER KOPING
Saat ada masalah klien mengatakan masalahnya di
buku harian, klien tidak mau bercerita dengan orang lain
Masalah Keperawatan: koping individu inefektif
XI.
PERSIAPAN PULANG / DISCHARGE
PLANNING
NO |
Komponen yang dibutuhkan |
Ya |
Tidak |
1 |
Tempat tinggal |
√ |
|
2 |
Care giver |
√ |
|
3 |
Layanan kesehatan masyarakat (puskesmas/CMHN) |
|
√ |
4 |
Group support |
√ |
|
Masalah Keperawatan:
XII.
ASPEK MEDIK
Diagnosa Medis : Skizofrenia (F20)
Therapy medis:
1.
Berikan
antipsikotik (rendah bertahap )
-
Haloperidol
3 x 1,5 -5 mg / hari atau CPZ 3 x 100-200 mg/hari
2.
Berikan
antipsikotik depot- tidak patuh minum obat :
-
Haloperidol
dekanoat / modecate 1 x / bulan secara IM
3.
Penkes
keluarga :
a.
Kontinu
minum obat :
-
Harus
dilanjutkan sekurangnya 3 bulan stl episode pertama
-
Lebih
lama sesudah episode berikutnya
-
Beberapa
perlu minum obat jangka panjang / seumur hidup
b.
Kemungkinan
efek samping
A. DATA
FOKUS
Data Subjektif
-
Keluarga klien
menyatakan sering sendirian
-
Keluarga klien
menyatakan pasien gelisah / tidak nyama jika di tempat umum
Data Objektif
-
Klien menarik
diri
-
Klien tidak
berminat berinteraksi dengan orang lain
B. ANALISIS DATA
NO |
DATA |
MASALAH |
1. |
Data
Subjektif -
Keluarga
klien menyatakan sering sendirian -
Keluarga
klien menyatakan pasien gelisah / tidak nyama jika di tempat umum Data
Objektif -
Klien
menarik diri -
Klien tidak
berminat berinteraksi dengan orang lain |
Isolasi Sosial |
C. POHON
MASALAH
Risiko halusinasi
Isolasi Sosial
Harga diri rendah
RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN ISOLASI SOSIAL
Nama Klien |
: Ny. T |
DX Medis |
: Skizofrenia
( F20 ) |
No CM |
: 123456 |
Ruangan |
: Psikiatri |
Tgl |
No Dx |
Dx Keperawata n |
Perencanaan |
||
Tujuan |
Kriteria Evaluasi |
Intervensi |
|||
04/09/2022 |
1. |
Isolasi sosial |
TUM: Klien dapat berinteraksi dengan orang lain |
|
|
|
TUK: 1. Klien dapat mengidentifikasi isolasi sosial yang dialami
latihan berkenalan |
1. klien menunjukkan
tanda-tanda percaya kepada /
terhadap perawat: o
Wajah cerah, tersenyum o
Mau berkenalan o
Ada kontak mata o Bersedia
menceritakan perasaan o Bersedia
mengungkapkan masalahnya o Bersedia
mengungkapkan masalahnya |
1.1.Bina hubungan saling percaya dengan: ¨ Beri salam
setiap berinteraksi. ¨ Perkenalkan
nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan ¨
Tanyakan dan panggil
nama kesukaan klien ¨ Tunjukkan
sikap jujur dan menepati janji setiap kali
berinteraksi ¨ Tanyakan
perasaan klien dan masalah yang dihadapi kllien ¨ Buat kontrak
interaksi yang jelas ¨ Dengarkan dengan penuh perhatian ekspresi perasaan klien |
||
|
|
2. klien dapat
menyebutkan minimal satu penyebab
menarik diri dari: o
diri sendiri o
orang lain o
lingkungan |
2.1 Tanyakan pada
klien tentang: ¨
Orang yang tinggal
serumah / teman
sekamar klien ¨ Orang yang
paling dekat dengan
klien di rumah/
di ruang perawatan ¨
Apa yang membuat klien dekat dengan
orang tersebut ¨ Orang yang tidak dekat
dengan klien di rumah/di ruang
perawatan ¨
Apa yang membuat klien tidak dekat
dengan orang tersebut |
|
|
|
|
|
¨ Upaya
yang sudah dilakukan agar dekat dengan orang
lain 2.2 Diskusikan dengan
klien penyebab menarik
diri atau tidak
mau bergaul dengan orang lain. 2.3 Beri
pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaannya |
3. klien dapat
menyebutkan keuntungan berhubungan
sosial, misalnya o
banyak teman o
tidak kesepian o
bisa diskusi o
saling menolong, dan
kerugian menarik diri, misalnya: o
sendiri o
kesepian o
tidak bisa diskusi |
3.1.Tanyakan pada
klien tentang : ¨
Manfaat hubungan sosial. ¨
Kerugian menarik diri. 3.2.Diskusikan bersama klien tentang manfaat
berhubungan sosial dan kerugian menarik diri. Beri pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaannya |
||||
4. klien dapat
melaksanakan hubungan sosial secara
bertahap dengan: o Perawat
dan klien lain |
4.1 Observasi perilaku klien saat berhubungan sosial . 4.2 Beri motivasi dan bantu klien
untuk berkenalan / berkomunikasi dengan : ¨
Perawat lain ¨
Klien lain 4.3 Diskusikan jadwal
harian yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan kemampuan klien bersosialisasi 4.5 Beri
motivasi klien untuk melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang
telah dibuat. 4.6 Beri pujian
terhadap kemampuan klien
memperluas pergaulannya melalui aktivitas yang dilaksanakan |
||||
04/09/2022 |
11 |
Isolasi sosial |
2. Klien dapat berkenalan degan beberapa orang |
klien dapat melaksanakan hubungan sosial secara bertahap dengan:
beberapa orang/Kelompok saat
melakukan kegiatan |
1.2 Observasi perilaku klien saat berhubungan sosial . 1.2 Beri
motivasi dan bantu klien untuk berkenalan /
berkomunikasi dengan kelompok/beberapa orang 1.3
Latih cara berbicara saat melakukan kegiatan harian (latih 2 kegiatan) |
|
|
|
|
|
1.4. Diskusikan jadwal harian yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan klien bersosialisasi 1.5 Beri motivasi klien untuk melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. 1.6
Beri pujian terhadap kemampuan klien memperluas pergaulannya melalui aktivitas yang dilaksanakan |
05/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
3. Klien dapat berkenalan dengan lebih banyak orang lain |
klien dapat melaksanakan hubungan sosial secara bertahap dengan: beberapa orang saat melakukan kegiatan baru |
1.1. Evaluasi
kegiatan latihan berkenalan (berapa orang) & bicara saat melakukan dua kegiatan harian. Beri pujian 1.2. Latih
cara berbicara saat melakukan kegiatan harian (2 kegiatan baru) 1.3.1.3. 1.4. Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan berkenalan > 5 orang,
berbicara saat melakukan 4 kegiatan harian |
05/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
4. Klien dapat berkenalan dan bersosialisasi saat melakukan
kegiatan di luar ruangan/luar rumah |
klien dapat melaksanakan hubungan sosial saat melakukan kegiatan di luar ruangan/luar rumah/
libatkan dalam TAKS |
1.1 Evaluasi kegiatan latihan berkenalan, bicara saat melakukan empat kegiatan harian.
Beri pujian 1.2. Latih cara
bicara sosial: belanja
ke warung, meminta
sesuatu, menjawab pertanyan 1.3. Masukkan pada
jadual kegiatan untuk latihan berkenalan
>5 orang, orang baru, berbicara saat melakukan kegiatan harian dan sosialisasi 1.4.
Libatkan klien dalam Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi |
05/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
Klien mampu bersoisalisasi
secara mandiri |
klien dapat melaksanakan hubungan sosial secara
mandiri |
1.4.
Evaluasi kegiatan latihan berkenalan, berbicara saat melakukan kegiatan harian
dan sosialisasi. Beri pujian 1.5.
Latih kegiatan harian 1.6.
Nilai kemampuan yang telah mandiri 1.7.
Nilai apakah isolasi
sosial teratasi |
06/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
5. Klien
mendapatkan dukungan keluarga untuk
meningkatkan kemampuan sosialisasi dan melatih
klien berkenalan |
5.1. Keluarga menyampaikan masalah dalam merawat pasien |
1. Diskusikan masalah
yg dirasakan dalam merawat pasien, jelaskan
pengertian, tanda & gejala, dan proses terjadinya defisit perawatan
diri (gunakan booklet) ¨
Penyebab klien tidak
bersosialisasi ¨ Tindakan yang
telah dilakukan klien selama di rumah sakit
dalam bersosialisasi dan kemajuan yang telah
dialami oleh klien ¨
Dukungan yang bisa diberikan oleh keluarga untuk |
|
|
|
|
5.2. Menjelaskan
cara-cara membantu klien dalam bersosialisasi 5.3. Keluarga mempraktekan cara bersosialisasi pada
klien |
meningkatkan kemampuan klien
dalam bersosialisasi 2. Diskusikan
dengan keluarga hal-hal yang perlu dilakukan
keluarga dalam mengajarkan klien bersosialisasi : ¨ Jelaskan
pengertian, tanda & gejala, dan proses
terjadinya isolasi sosial
(gunakan booklet) ¨ Jelaskan cara
merawat isolasi sosial ¨ Latih
dua cara merawat berkenalan, berbicara saat
melakukan kegiatan harian 3. Anjurkan
keluarga untuk membantu klien seuai jadwal
dan beri pujian |
06/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
6. keluarga dapat mendampingi klien berdiskusi saat melakukan
2 kegiatan |
6.1. Keluarga menyampaikan kemampuan dalam merawat/melatih klien berosialisasi 6.2. Menjelaskan
cara-cara membantu klien
dalam berhias 6.3. Keluarga mempraktekan cara berhias pada
klien |
1. Evaluasi kegiatan
keluarga dalam merawat/melatih pasien berkenalan
dan berbicara saat melakukan kegiatan harian. Beri pujian 2. Jelaskan
kegiatan rumah tangga yang dapat melibatkan
pasien berbicara ¨ makan, ¨
sholat bersama ¨ lain-lain: ............................ 3. Latih
cara membimbing pasien berbicara dan memberi
pujian : ¨ Anjurkan
keluarga untuk mempraktekkan cara bercakap-cakap ¨
Ingatkan klien waktu
bercakap-cakap. ¨ Bantu
jika klien mengalami hambatan dalam bercakap-cakap ¨ Berikan pujian
atas keberhasilan klien 4. Anjurkan membantu pasien sesuai jadwal |
06/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
7. Klien
mendapatkan dukungan keluarga untuk
meningkatkan sosialisasi:
keluarga melatih klien melakukan kegiatan |
7.1. Keluarga
menyampaikan kemampuan dalam merawat/melatih pasien dalam melakukan kegiatan sosial 7.2. Menjelaskan
cara-cara membantu klien
dalam melakukan kegiatan sosial |
1. Evaluasi kegiatan
keluarga dalam merawat/melatih pasien berkenalan,
berbicara saat melakukan kegiatan harian dan
RT. Beri pujian 2. Jelaskan cara
melatih pasien melakukan kegiatan sosial ¨
berbelanja, ¨ meminta sesuatu |
|
|
|
sosial |
7.4. Keluarga mempraktekan cara berhias pada
klien |
¨
dll ........................ 3. Latih keluarga mengajak pasien melakukan kegiatan sosial: ¨ Belanja ¨
Meminta sesuatu ¨ Dll
................ 4. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan berikan
pujian |
07/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
8. keluarga memahami cara follow up |
8.1. Keluarga
menyampaikan kemampuan dalam merawat/melatih pasien berkenalan, berbicara saat melakukan kegiatan harian/RT, berbelanja 8.2. Menjelaskan
cara-cara follow up ke PKM, tanda
kambuh, dan rujukan 8.3. Keluarga
mempraktekan cara membantu klien
sesuai jadwal |
1. Evaluasi kegiatan
keluarga dalam merawat/melatih pasien berkenalan,
berbicara saat melakukan kegiatan harian/RT,
berbelanja. Beri pujian 2. Jelaskan perawatan berkelanjutan ¨
follow up
ke PKM, ¨ tanda kambuh, ¨
rujukan 3. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual
dan memberikan pujian |
07/09/2022 |
|
Isolasi sosial |
Keluarga mampu merawat pasien secara mandiri |
Keluarga dapat menyebutkan cara merawat pasien dengan masalah Isolasi
sosial |
¨ Evaluasi
kegiatan keluarga dalam merawat/melatih pasien dalam bersosialisasi. Beri
pujian ¨
Nilai kemampuan keluarga merawat pasien ¨
Nilai kemampuan keluarga melakukan kontrol ke PKM ¨
Jelaskan follow up ke PKM,
tanda kambuh, rujukan ¨
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan memberikan pujian |
F. DOKUMENTASI KEPERAWATAN
CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (dilengkapi dala 24 jam pertama pasien masuk ruang rawat) |
Nama Pasien:
Ny.
T Tanggal Lahir:
12 September 1988 |
||||
TGL/ JAM |
Profesional Pemberi asuhan |
HASIL
ASASMEN PASIEN DAN PEMBERIAN LAYANAN (dituliskan dalam format SOAP/ADMIE, disertai sasaran. Tulis nama, beri paraf
pada akhir catatan) |
Intsruksi PPA termasuk pasca bedah (instruksi
ditulis dengan rinci dan jelas) |
VERIFIKASI DPJP (Tulis nama, beri paraf, tanggal, jam) (DPJP harus membaca/ merieveiew
semua rencana asuhan keperawatan) |
|
04/09/2022, pukul 14.50 WIB |
Perawat Hana |
S : |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar